Hidung Pesek Apakah Bisa Menjadi Pilot di Indonesia

Hidung Pesek Apakah Bisa Menjadi Pilot

Hidung Pesek Apakah Bisa Menjadi Pilot

Sekarang, muncul pertanyaan baru yang cukup membuat banyak orang kebingungan. Pertanyaan tersebut adalah orang dengan hidung pesek apakah bisa menjadi pilot? Entah berasal dari mana, namun pertanyaan tersebut cukup viral di kalangan masyarakat. Hingga sekarang, sudah ada banyak ahli di bidang perpilotan yang menjelaskan tentang pertanyaan tersebut. Tapi ternyata, penjelasan tersebut tidak berhasil seluruhnya.

Itu karena, sebagian orang masih terus mempertanyakan nya hingga sekarang.Jika anda sedang dalam kondisi tersebut, pertanyaan tentang orang dengan hidung pesek apakah bisa menjadi pilot ini pasti benar benar membuat kebingungan. Untuk itu, anda sekarang sudah di tempat yang amat sangat tepat. Itu karena, disini kami akan menjelaskan mengenai pertanyaan yang sedang viral di masyarakat tersebut.

Pertanyaan Ini Tidak Berdasar

Untuk lebih mudah, rasanya akan pas jika kami mengatakan bahwa pertanyaan ini tidak berdasar. Jika anda belum mengetahui, ketahuilah bahwa terdapat tes kesehatan bagi setiap insan yang bercita cita untuk menjadi pilot. Tes itu sendiri lebih dikenal dengan sebutan MEDEX yang isinya merupakan sebuah kesehatan full mulai dari postur tubuh, urine, rontgen, hingga ke bagian bagian lain.

Namun, tidak ada satupun bagian dari tes tersebut yang melihat kondisi fisik hidung. ingat, kemampuan penciuman memang diperhatikan. Namun, tidak masalah jika hidung tersebut pesek atau pun tidak. Sebenarnya, pertanyaan mengenai hidung pesek apakah bisa menjadi pilot ini sama hal nya dengan pertanyaan mengenai apakah orang berkulit hitam bisa menjadi pilot. Keduanya sama sama hoax yang diutarakan oleh orang dengan pikiran penuh rasisme.

Untuk lebih jelasnya, akan sangat baik jika anda melihat pada pilot pilot profesional yang sudah terbang di Indonesia maupun luar negeri. Akan terlihat banyak pilot dengan bentuk hidung pesek dan hal tersebut nampak tidak menjadi masalah sama sekali. Daripada mempertanyakan orang dengan hidung pesek apakah bisa menjadi pilot, ada baiknya mempertanyakan persyaratan lain pada diri yang memang lebih pasti.

Persyaratan Pasti Para Pilot

Jika dilihat secara garis besar, ada 3 persyaratan utama yang wajib dipenuhi oleh setiap calon pilot maupun pilot aktif. Ketiga persyaratan ini pun bisa diketahui secara langsung dan anda pun akan langsung paham mengenai alasan mengapa persyaratan tersebut harus diadakan. Jika anda penasaran dengan persyaratan persyaratan tersebut, langsung saja kami berikan 3 persyaratan utama yang wajib dipenuhi.

  1. Kondisi Kesehatan

Pada tes MEDEX yang telah dijelaskan sebelumnya, hampir seluruh bagian tubuh akan dicek saat seseorang hendak menjadi pilot. Namun, terdapat 3 penyakit yang haram bagi calon pilot. Ketiga penyakit tersebut antara lain buta warna (parsial maupun total), penyakit jantung, dan epilepsi. Jika anda mengalaminya, pastikan lah bahwa kesembuhan total sudah didapatkan sebelum mendaftar sebagai pilot.

  1. Postur Tubuh

Selanjutnya, postur tubuh calon pilot pun akan selalu diperhatikan. Intinya, 160 cm adalah batas minimal bagi orang yang hendak mendaftar sebagai pilot. Jika anda masih dalam masa pertumbuhan dan belum mencapai 160 cm, kehirauan tidak perlu dimiliki. Itu karena, akademi penerbangan akan selalu menerima orang orang yang masih memiliki potensi pertumbuhan walaupun batas minimal tinggi badan tersebut belum tercapai.

  1. Kemampuan Berbahasa

Terakhir, kemampuan berbahasa juga perlu dimiliki. Untuk lebih jelasnya, satu satunya bahasa wajib untuk calon pilot adalah bahasa Inggris. Ingat, akan sangat berbahaya jika seorang pilot tidak fasih berbahasa inggris. Itu karena setiap komunikasi dengan ATC atau Air Traffic Controller akan selalu dilakukan memakai bahasa Inggris. Dengan ini, anda pun pasti paham bahwa masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan daripada terus mempertanyakan tentang hidung pesek apakah bisa menjadi pilot.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.