Memilki Tato Apakah Bisa Menjadi Pilot di Indonesia

Memilki Tato Apakah Bisa Menjadi Pilot

Memilki Tato Apakah Bisa Menjadi Pilot

Banyak orang sering bertanya tanya, jika memiliki tato apakah bisa menjadi pilot. Sebenarnya, pertanyaan mengenai hal ini adalah suatu hal wajar. Itu karena, kebanyakan profesi lain melarang para pekerja nya untuk memiliki tato pada tubuh. Namun, terdapat kah penjelasan secara lebih jelas yang bisa menjawab pertanyaan tersebut? Sebenarnya, ada banyak penjelasan secara jelas mengenai pertanyaan tersebut.

Terlebih lagi, ada banyak penegak standar di dunia penerbangan yang sudah menjelaskan hal ini. Namun karena kendala bahasa atau sulitnya menemukan pernyataan ahli tersebut, kebanyakan orang pun masih kebingungan mengenai pertanyaan jika memiliki tato apakah bisa menjadi pilot. Daripada terus mencari penjelasan dari para ahli yang sangat sulit ditemukan, akan lebih baik jika memahami ulasan yang kami berikan ini.

Persyaratan Utama Saat Menjadi Pilot

Untuk mengetahui jika memiliki tato apakah bisa menjadi pilot atau tidak, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui persyaratan utama untuk menjadi pilot itu sendiri.ketahuilah, terdapat empat persyaratan utama jika seseorang ingin menjadi pilot. Bisa dibilang, persyaratan ini sangat mudah untuk dipenuhi. Agar lebih jelas, berikut kami sajikan uraian secara lengkap tentang ke empat persyaratan tersebut.

  1. Fasih Berbahasa Inggris

Bagi seorang calon pilot, fasih berbahasa inggris adalah sebuah kewajiban yang sangat perlu dipenuhi. Ketahuilah, seorang pilot akan terus melakukan komunikasi dengan ATC atau Air Traffic Controller ketika sedang mengudara. Komunikasi tersebut haruslah memakai bahasa inggris karena standar komunikasi antara pilot dan ATC harus lah memakai bahasa inggris. Tentu, apa jadinya jika seorang pilot tidak fasih dalam penggunaan bahasa ini?

  1. Tidak Memiliki Kelainan Mata

Selanjutnya, jangan lupakan juga kelainan pada mata. Memang, seorang pilot masih diperbolehkan menggunakan kaca mata. Tapi dengan catatan, mata nya masih harus memiliki ketajaman pandangan tanpa alat bantu di jarak minimal 6 meter. Lain hal nya lagi dengan buta warna. Baik total maupun parsial, seorang pilot tidak boleh mengalaminya. Jika sampai anda mengalaminya, pastikan lah bahwa pendaftaran ke pendidikan pilot baru dilakukan saat masalah tersebut telah selesai.

  1. Lolos Standar Kesehatan

Terdapat sebuah tes bernama MEDEX bagi calon pilot. MEDEX ini sendiri berupa tes kesehatan total mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Seluruh bagian yang terjun langsung di industri penerbangan harus lah lolos tes ini selama 12 bulan sekali. Tentu, ini juga perlu dilakukan oleh anda yang merupakan calon pilot. Namun singkatnya, terus lah pastikan bahwa tubuh anda tidak memiliki penyakit yang dapat mengganggu proses penerbangan pesawat.

  1. Postur Ideal

Selain memikirkan jika memiliki tato apakah bisa menjadi pilot, jangan lupakan juga untuk memikirkan jika postur tidak ideal apakah bisa menjadi pilot. Ketahuilah, postur ideal ini adalah sebuah hal wajib bagi hampir seluruh pilot. Sebagai patokan, se minimal mungkin seorang pilot harus memiliki tinggi 160 cm. Tentu, berat badan perlu menyesuaikan dengan tinggi yang dimiliki. Anda yang dalam masa pertumbuhan tidak perlu risau karena masih ada waktu untuk mencapai tinggi itu.

Jadi, Apa Ada Syarat Harus Bebas Tato?

Jika dilihat pada standar internasional tersebut, tidak ada satupun syarat yang mengatakan bahwa pilot harus bebas tato. Namun, beberapa maskapai besar seperti garuda melarang para pilot nya untuk beratato. Ketahuilah, ada banyak maskapai lain yang memperbolehkan penggunaan tato karena tidak terdapat standar internasional yang melarang. Jadi, pertanyaan tentang jika memiliki tato apakah bisa menjadi pilot pasti sudah terjawab bukan?

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.